21 Maret, 2009

Menulis Arab Online

السلام عليكم
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله akhirnya update juga. Kali ini cuma mau share saja tentang menulis arab. Posting tahun lalu tentang kamus bahasa arab ternyata membuat banyak orang kesasar di blog ini. Namun demikian kok ya masih ada yg tanya pada saya, "bahasa indonesianya ana uhibbuka apa ya?" Saya akui, memang kamus bahasa arab online di javakedaton agak sulit penggunaannya. Terutama bagi yang buta atau cuma sedikit mengetahui tentang bahasa arab. Ngetik arabnya saja susah, gimana mau cari artinya? Yang tahu pun belum tentu lancar memanfaatkan kamus tersebut karena peta keyboard yang terlalu kecil membingungkan. :au_ah:

Bagi yang sering menulis arab mungkin bisa terbantu dengan web sederhana miliknya Abu Aqil al-Atsy ini. Di situ kita tidak perlu menggunakan keyboard untuk menulis arab. Tinggal kita klik aja pakai mouse huruf-huruf yang sudah terlihat pada layar monitor. Huruf-huruf arabnya pun terlihat jelas. Jika sudah, tinggal copy paste ke kotak search pada kamus javakedaton untuk mencari tahu artinya.

Atau jika ingin posting tulisan arab -seperti tulisan di atas- juga lebih gampang, tinggal copas ke posting blog anda. Tapi tidak disarankan copas pada ms. word karena urutan tulisannya akan terbalik, lebih baik di wordpad. Kalau tetep pengen nulis arab di ms word gimana? ya.. pakai aja insert symbol :grin:. Namun perlu dicatat, ini menulis arab gundul (tanpa harakat), jadi agak susah bagi yang belum terbiasa.

15 komentar:

  1. wew... arab gundul to mas, ura sido ah nek ngunu ;))

    BalasHapus
  2. cuman satu kata mas.. sukran katsiran, jadi sy tdk perlu ggogling untuk mencari informasi ttg ini.. nice info bangeutt

    BalasHapus
  3. @Pencerah: yg bener bukannya كيف حالك kaifa haaluk? pakai ح bukan pakai خ

    @jaloee: wa iyyakum, syukran juga atas tutorialnya :)

    BalasHapus
  4. mantaaf nih infonya... thanks banget

    BalasHapus
  5. weleh,,,,,

    apa lagi nih,,,:D...

    bang, tuker link yuk,,,linknya udah kupasang,,,:D

    BalasHapus
  6. keren ...
    ijin aku taruh di blog aku ya?
    terimakasih ...

    BalasHapus
  7. Hmmm mantab Bro.....

    Dicoba ah..........

    BalasHapus
  8. zf_1221
    Mohon maaf lahir dan batiin.
    Met idul fitri yach...?!

    Kenali si Dunia Aneh

    BalasHapus
  9. assalamu'alaikum...
    aku minta tulisan salam nya yah...
    ^_^

    BalasHapus